Bisnis Makin Laris, Inilah Pentingnya Desain Kemasan Produk untuk Kesuksesan Pemasaran

 

Bagi setiap produk bisnis makanan atau minuman, sangat penting untuk memperhatikan bagaimana desain kemasan atau packaging yang inovatif dan menarik konsumen. Tidak hanya eye-catchy, kemasan produk juga harus fungsional dan menjaga kualitas produk tetap awet.

Seperti yang diketahui, jenis produk makanan atau minuman memiliki waktu kadaluwarsa tertentu. Sehingga batas pemakaian yang tidak tahan lama ini sangat membutuhkan dukungan dari desain kemasan yang tepat dan efisien.

Bahkan, dapat dikatakan para pembeli atau konsumen juga terkadang membeli sebuah produk karena tertarik dengan kemasannya. Untuk itu, kemasan produk sudah seharusnya dirancang dengan baik agar bisa menunjang keberhasilan pemasaran produk bisnis. Mari kita simak informasi selengkapnya mengenai desain kemasan produk sangat berpengaruh pada pemasaran bisnis yang sukses.

Manfaat Desain Kemasan Produk untuk Pemasaran

Kemasan produk tidak hanya berfungsi sebagai pelindung isinya, tetapi juga mewakili merek atau bisnis itu sendiri. Produk makanan dan minuman yang dijual di pasaran harus steril dan higienis. Itulah sebabnya, kemasan produk harus memberikan perlindungan pada produk sekaligus bertindak sebagai alat promosi. Salah satu contohnya seperti standing pouch aluminium foil.

Kemasan dari bahan aluminium foil akan menjaga produk tetap higienis. Selain itu, standing pouch dari bahan aluminium foil juga akan menjaga cita rasa, aroma dan bentuk produk makanan atau minuman.

Berikut adalah beberapa manfaat desain kemasan produk yang perlu Anda ketahui:

1. Identitas Produk

Produk bisnis yang beredar di pasaran haruslah unik dan tidak ada duanya. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah mengenali merek atau produk bisnis Anda di tengah serbuan produk – produk pesaing yang berbaris rapi di rak – rak toko.

Anda bisa menyematkan identitas produk yang lebih mudah dikenali. Misalnya, mengusung konsep warna yang cerah dan eye-catchy. Seperti warna kuning, merah atau biru.

2. Perlindungan Isi Produk

Fungsi paling mendasar dan sangat penting dari pengemasan adalah untuk memastikan perlindungan produk dari penurunan kualitas. Misalnya seperti kebocoran, kerusakan segel, pembusukan, dan sebagainya.

Kemasan produk juga harus memastikan isi produk bisa tersimpan dengan baik selama distribusi menggunakan ekspedisi atau berbagai moda transportasi.

3. Fungsional

Beberapa merek terkenal telah merilis kemasan produknya dengan berbagai desain yang berbeda secara berkala. Hal ini membantu memperbaiki kualitas produk di mata konsumen dan membantu pelanggan agar bisa lebih mudah memakai produk.

Sebagai contoh, ada usaha katering yang dulunya hanya memakai kemasan makanan dari kertas nasi kotak biasa, kemudian beralih ke nasi kotak kardus yang bisa disusun seperti rantang untuk kepraktisan saat membawa.

Selain itu, ada juga beberapa produsen minuman susu segar yang beralih dari kemasan kotak menjadi standing pouch agar lebih mudah diminum dan praktis saat dibawa bepergian.

4. Promosi Produk

Manfaat lain dari kemasan produk yang sangat diandalkan adalah dari sisi promosi atau pemasaran bisnis. Ibaratnya, lewat kemasan produk yang dirancang khusus, Anda bisa memperkenalkan atau mengiklankan apa isi produk yang ditawarkan.

Kemasan produk bertindak sebagai alat promosi yang efektif. Oleh karena itu, dibutuhkan skema warna yang menarik atau foto produk pendukung agar lebih menarik perhatian pelanggan. Bagi kalangan pemasaran atau salesman, desain kemasan produk yang baik diibaratkan sebagai “salesman” yang pendiam.

5. Mencegah Pemalsuan

Permintaan pelanggan yang sangat tinggi terhadap suatu produk, kerap dijadikan kesempatan bagi oknum kriminal untuk melakukan tindakan pemalsuan produk – produk populer di masyarakat.

Desain kemasan produk yang baik dilengkapi segel seharusnya dapat memenuhi standar kesehatan dari badan pengawasan pangan dan obat yang dilengkapi lisensi dan segel. Inilah fungsi penting kemasan produk yang dapat mengurangi kemungkinan pemalsuan produk.

6. Peluang Berinovasi

Dalam beberapa cara ide kemasan produk yang inovatif terutama di bidang obat – obatan, minuman ringan, makanan ringan atau susu, telah meningkatkan cakupan pemasaran produk dalam manfaat yang lebih luas.

Sebagai contoh, kemasan produk susu pasteurisasi yang hadir dengan kemasan dus box dengan tutup segel, telah memperpanjang usia atau daya simpannya selama beberapa hari lebih lama. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat dan bisa membantu distribusi produk untuk menjangkau konsumen di daerah – daerah yang jauh atau terpencil.

7. Diferensiasi Produk

Ada jutaan produk yang beredar di pasaran. Lalu, bagaimana konsumen bisa membedakan produk Anda dengan produk pesaing? Di sinilah peranan utama dari kemasan produk sebagai dierensiasi atau pembeda produk dengan kompetitor.

Kemasan produk yang dirancang dengan warna, ukuran, font, atau bahan material packaging box tertentu dapat membantu pelanggan untuk lebih cepat mengenali dan mengingat produk Anda ketimbang produk kompetitor.

Kendati menjual produk minuman atau makanan yang sama, tetapi karena kemasan produknya berbeda, sehingga memberikan pelanggan kemudahan dalam menentukan kualitas produk yang akan dibelinya.

Level Kemasan Produk

Dalam praktiknya, ada tiga level kemasan produk, antara lain:

1. Kemasan Primer

Pengemasan primer mengacu pada kemasan yang langsung kontak dengan produk. Sebut saja contohnya, plastik pembungkus kaos kaki atau pakaian, dus nasi kotak, atau botol selai, botol kecap, botol saus dan lain – lain.

2. Kemasan Sekunder

Kemasan sekunder adalah kemasan tambahan yang diberikan pada suatu produk untuk melindungi kualitasnya tetap terjaga dengan baik hingga ke tangan para pembeli. Pengepakan tersebut dipertahankan hingga konsumen ingin mulai menggunakan produk.

Sebagai contoh dalam produk sabun mandi, juga dilengkapi plastik pelapis kedua setelah kemasan kotaknya. Jadi, para konsumen harus membuang dulu kotak dus terluar, lalu ketika akan memakai sabun mandi, dia bisa membuang bungkus atau menaruh sabun kembali di dalam plastik - kemasan sekundernya.

3. Kemasan Transportasi

Fungsi lain dari kemasan produk yang tak boleh dilupakan adalah merujuk pada pentingnya masa simpan atau daya tahan produk selama proses pengiriman barang. Bayangkan saja, suatu produk dapat dikirimkan menggunakan pesawat terbang, kapal laut, kereta api, kendaraan kontainer, mobil ekspedisi, sepeda motor kurir, dan sebagainya.

Kemasan produk harus mampu bertahan dalam distribusi atau pengangkutan barang. Misalnya, harus ditambah kemasan kotak palet kayu atau peti kayu.

Bagaimana Cara Memilih Packaging Box Untuk Makanan?

Dengan mengutamakan kualitas cita rasa dan kebersihan makanan, maka suatu bisnis kuliner ataupun camilan bisa diterima dengan hangat oleh konsumen atau masyarakat luas.

Kemasan atau packaging untuk merek makanan akan mewakili brand bisnis kuliner di mata masyarakat. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih packaging yang ideal pada bisnis makanan:

1. Tampil berkarakter

Setiap produk tentu memiliki keunikan atau ciri khas dibandingkan produk yang lain. Hal inilah yang akan menjadi alasan pembeli untuk memilih produk makanan Anda ketimbang produk kompetitor.

Desain kemasan seperti dus, box, atau standing pouch untuk makanan harus berani tampil eksentrik dan berkarakter. Misalnya saja menampilkan tokoh film kartun animasi favorit anak – anak, warna – warna yang cerah dan desain yang atraktif untuk menarik perhatian pembeli.

2.  Bahan kemasan makanan

Mengingat produk yang ditawarkan berupa makanan atau kuliner, perhatikan juga dalam hal memilih bahan kemasan produk. Hindari jenis wadah atau packaging yang dapat mengkontaminasi cita rasa makanan yang dipasarkan.

Selain itu, kemasan produk makanan juga harus mampu bertahan dalam waktu yang lama untuk menjaga kualitasnya.

3. Packaging aman untuk makanan

Kemasan produk yang aman untuk makanan dan minuman, dapat dipilih seperti standing pouch aluminium foil, box packaging, atau plastik dengan dasar food grade atau kertas food grade. Bahan – bahan ini direkomendasikan karena aman untuk kesehatan tubuh.

Tentunya, hal ini akan membuat para konsumen lebih tenang saat menikmati produk makanan Anda.

Cara Praktis Membuat Desain Kemasan Makanan ke Percetakan

Setiap bisnis tentunya membutuhkan desain kemasan produk makanan yang ideal. Akan tetapi, tidak semua bisnis mampu mewujudkannya. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat desain kemasan makanan yang menarik, salah satunya adalah membuat desain kemasan langsung ke custom percetakan khusus kemasan produk.

Platform Bandungkemasan.com siap membantu meningkatkan bisnis Anda dengan beragam pilihan dan ide kemasan produk sesuai kebutuhan.

Mulai dari dus kemasan atau dus box, kardus packaging, kertas food grade untuk kemasan makanan, standing pouch aluminium foil, dan masih banyak lagi.

Membuat kemasan produk akan semakin mudah dan praktis dengan custom percetakan yang profesional. Ayo, jangan tunda lagi, buat desain kemasan produk versi bisnis Anda hanya di Bandungkemasan.com yaa...

Client Kami

Rp 1.500
Rp 1.000
Rp 1.500
Rp 1.000
Rp 1.500
Rp 1.000
Rp 1.500
Rp 1.000
Rp 1.500
Rp 1.000
Rp 1.500
Rp 1.000

Lihat juga